Bandung. Bapak Anak Sareng Indung.


Bapak Anak Sareng Indung.


Anak diapit ku bapakna sareng ku indungna. Anakmah kumaha didikan bapak sareng indungna.

Ada rahasia, penuh dengan siloka. Bandung; bapak, anak, sareng indung. Negara menjadi besar karena dibangun dari keluarga-keluarga yang adiluhung. Itu adalah do'a.

Subang, sumber kembang. Buahna aya di buah dua sareng di buah batu. 

Pami Sumedang, suka melagukan dangdut. Kalau lagi gak musim dangdut, Sumedang sukanya menyanyi dan berdendang. Tapi ada juga yang sukanya menulis dan membuat rendang.

Kalau Sukabumi jelas, suka merawat bumi. Punya Taman Bumi yang diakui dunia, Geopark Ciletuh. 


Cianjur; Cita dan cinta anak yang jujur. Jujur orang Cianjur cinta kejujuran. 

Bekasi, Belajar kasih. Membela keluarga anak suami dan istri. Tak heran Bekasi jadi tempat orang datang bekerja dari pelosok negeri.

Karawang; Kasih negara, warga negara. Ia adalah simbol bangsa dan negara. Berdirinya Indonesia bermula dari Karawang, Rengasdengklok. Republik ngegas dengan kobaran sekelompok kepemudaan, itulah arti lain dari Rengasdengklok.

Cirebon, Ciri reang punya keprabon. Peninggalan Kerajaan Cirebon tetap berdiri hingga kini dan nanti. 


Kuningan; kuning orangnya dan suka kemenangan. Kuning tandanya matang dan Kuningan kekuning-kuningan.

Majalengka; itu singkatan antara Majalaya dan Cicalengka. Bukan, Majalengka adalah remaja lelengkahalu, tak lama lagi menuju kemajuannya. Majalengka Masa remaja lengkap dengan kasih. Kasih berasal dari Sindang Kasih asal mula kabupaten Majalengka.

Tasikmalaya; mungkin dulunya punya hubungan erat dengan negeri Malaya. Tasik, tak suka diusik. Malaya, masa lalunya yang berjaya. Tentu akan kembali berjaya dimasa yang akan datang. Aamiin


Itulah sekilas nama-nama daerah di Jawa Barat.


Garut; gagah kairut. Orang Garut terkenal sakti dan juga kairut. Kairut itu kepincut. Kepincut ku orang Garut.

Galuh juga tak kalah gagah dan luhur. Tempatnya para leluhur. Galuh, gagahnya para leluhur. Ciamis Galuh. Cintanya manis dan juga romantisme masa lalu yang sangat kuat. Ciamis, caina amis. Sumber kemanisan.

Pangandaran; pangendahna serta janten tempat panyandaran. Pangandaran kota wisata yang indah tempat orang istirahat, bersandar dipantai dan juga banyak kendaraan.

Bogor; nah ini penuh rahasia. Susah untuk diungkapkan hanya diketahui oleh orang Bogor sendiri. Bogor, bogoh orang ke kota Bogor. Itulah kota tua, ibukotanya Jawa Barat dimasa lalu. Bogor adalah Pakuan Pajajaran, pancen kerajaan Pajajaran. 

Sakitu saja kisah kita hari ini.


Banjar-Banjaran.

Baris berjajar Bandung Pajajaran. Penuh siloka dan rahasia. Cita-cita bersama dari masa lalu menuju kejayaan masa yang akan datang. Indonesia Jaya Indonesia Juara.

Dari Jabar untuk Indonesia. Jakarta Sunda Kalapa. Sunda Kala Pajajaran. Sejarah Sunda ditengah pusatnya kemajuan negara kita Indonesia. 

Serang Pandeglang. Serang itu adalah sawah atau ladang. Pendeglang pandai membuat gelang. Lebak, itu artinya tempat di bawah. Atau dataran lebih rendah. Lebak dan sekitarnya negeri masa lalu yang terlupakan. 


Tangerang; tangguh ditengah genderang perang.

Tangerang tangguh dan garang.


Ciawi. Cinta berapi-api. Cibubur, cai bubur, lebih lembut dari bubur. 

Cimaja. Cai remaja. Penuh harapan untuk masa yang masih panjang.

Cilincing. Cilingcingcat teu daek cicing. Cilincing, cinta lain ukur cicing. Perlu kerja perlu perjuangan untuk memajukan nasib diri dan juga bangsanya. Makanya Cilincing adanya di Jakarta, simbol kerja keras tak boleh leha-leha.


Pelabuhan Ratu. Rajanya pelabuhan di Indonesia. Tempat berlabuhnya Ratu atau Raja. Tak heran bila bung Karno cinta Pelabuhan Ratu. Disana dibangunnya tempat penginapan legendaris Hotel Samudra karya bung Karno dkk.

Ujungkulon, Ujunggenteng. Dua ujung yang indah menjadi benteng kisah cerita kita tentang bumi dan tanah Pasundan dan Pajajaran yang melegenda. Tua dan bersejarah tinggi. 


Gunung Padang adalah punden berundak yang konon lebih tua dari Giza Mesir adalah bukti terbaru tentang legendanya tanah Jawa Barat ini. 

Negri penuh rahasia dan keluhuran budaya yang someah hade kasemah, silih asah silih asih silih asuh. 

Yang sedang menantikan kejayaanya kembali kini dan yang akan datang. Negeri yang penuh kebijaksanaan.


Herang caina beunang laukna adalah simbol kebijaksanaan, tidak grasa grusu, tidak ambisius. 

Yakin bahwa kebaikan kebijakan adalah lebih penting, yakin bahwa keselarasan adalah lebih utama. Dia tidak cinta dunia. 

Dia tahu arti kata fana. Dunia yang fana tak pantas diperebutkan seperti kekanak-kanakan. 


Mengalir saja mengikuti zaman. Kejayaan akan datang dengan perjuangan dan terutama karena karuniaNya. 

Laa haula walaa quwwata illa billaahil 'aliyyil 'adziim.


Duh sakitu we nya ngalantur kaditu kadieuna. Mugi janten cerita diantara kita saja.



Bandung.

Ibu kandungnya Indonesia. Tempat negeri ini disiapkan, dikandung bertahun-tahun penuh perjuangan pengorbanan pra kemerdekaan.

Jakarta.

Tempat proklamasi, hari dilahirkannya Indonesia.

Surabaya.

Simbol perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI.


Wassalam

Bandung, 18 Juli 2023

Posting Komentar

0 Komentar