ULAMA-ULAMA SALAF

ULAMA-ULAMA SALAF.


1) Imam Hanafi lahir: 80 Hijriah

2) Imam Maliki lahir: 95 Hijriah

3) Imam Syafie lahir: 150 Hijriah

4) Imam Hambali lahir: 164 Hijriah

5) Imam Asy'ari lahir: 240 Hijriah

6)imam Bukhari lahir 194 Hijriah 

7)imam Muslim lahir 204 hijriah

8)imam Abu Daud lahir 202 Hijriah

9)imam At-Tirmidzi lahir 200 Hijriah

10)imam an-Nasa'i lahir 215 hijriah

11)Imam Ibnu Majah meninggal 273 hijriah


Beliau semua ini disebut sebagai ulama-ulama Salafus Shaleh atau dikenal dengan sebutan ulama SALAF.


Apa itu Salaf..? Salaf adalah nama "zaman" yaitu merujuk kepada golongan ulama yang hidup antara kurun waktu zaman kerasulan Baginda Nabi Muhammad SAW hingga 300 Tahun setelahnya.


1) golongan generasi pertama dari 300 tahun Hijrah itu disebut "Sahabat Nabi" karena mereka pernah bertemu langsung dengan Kanjeng Nabi.


2) golongan generasi kedua pula disebut "Tabi'in" yaitu golongan yang pernah bertemu dengan Sahabat nabi, tapi tidak pernah bertemu dengan Kanjeng Nabi.


3) golongan generasi ketiga disebut sebagai  "Tabi'ut tabi'in" yaitu golongan yg tidak pernah bertemu kanjeng Nabi dan sahabat tapi bertemu dgn tabi'in.


Imam Abu hanifah (pengasas mazhab hanafi), merupakan murid Sahabat Nabi, oleh karena itu beliau adalah termasuk sebagai salah seorang ulama dari generasi TABI'IN.


Sementara Imam Hambali, Imam Maliki, Imam Syafi'i, Imam al Asy'ari, berguru kepada tabi'in, maka para imam ini disebut sebagai ulama dari generasi TABI'UT TABI'IN.


Jadi kesemua imam-imam yang mulia ini merupakan ULAMA SALAF YANG SEBENARNYA. Dan mereka para pengikut dari imam-imam mazhab lah yang paling layak disebut sebagai "Salafi" karena,"Salafi" maksudnya "pengikut golongan ulama SALAF".


Imam Mazhab yang empat adalah para ulama yang shaleh dari kalangan “orang-orang yang membawa hadits” yakni membawanya dari Salafush Shaleh yang meriwayatkan dan mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.


ULAMA-ULAMA KHALAF.


1. Walisongo

2. Imam Nawawi

3. Syech Bangkalan

4. KH. Hasyim Asy'ari

5. Syeck Buthi

6. dll


Mereka ini semua hidup di AKHIR ZAMAN (KHALAF).


Ulama khalaf afalah penerus para ulama Salaf.


Dan bagi saya pribadi menulis bertujuan saling mengingatkan, orang mau menganggap ini dibuat-buat, bid'ah, dalil ngarang sendiri tidaklah penting toh pada akhirnya kita akan di adili oleh yang Maha Adil.


Jika Allah Swt tujuan kita, lalu haruskah kita habiskan umur kita hanya untuk saling merendahkan satu sama lain?"..,kita semua tau Sorga itu milik Allah Swt bukan milik kelompok tertentu, karena ke Sorga/Neraka itu hak prerogatif Allah Swt.


Yang perlu kita usahakan adalah mencari RidhaNya dan RahmatNya, karena hanya dengan RahmatNya saja kita akan selamat dan siapakah yang layak mendapatkan RahmatNya?"..Yaitu orang-orang yang bertaqwa apapun kelompoknya, selagi tidak keluar dari Agama Islam.


Wallahu A'lam.


Copas dengan beberapa penyesuaian terkait ulama khalaf.

Posting Komentar

0 Komentar