EDISI GARUT “the PROVINCE” (CIJERUK)


Nama Cijeruk ini memang belum cukup dikenal didunia kepariwisataan.

Dan mungkin hanya diketahui sebagian masyarakat Garut Selatan atau beberapa lainnya. Itu belum terkenal sebagaimana Rancabuaya ata Santolo.

Pantai Cijeruk mungkin tak seindah Santolo. Tetapi tak taulah karena penulispun belum menyusurinya secara lengkap.

Tetapi menurut penulis sih itu sudah cukup indah dan bagus untuk dikembangkan. Semua hanya perlu sedikit penataan dan penanganan secara lebih profesional.


Pantai Cijeruk ini, masih cukup alami. Belum terjamah oleh tangan-tangan pengusahaan atau bisnisman. 

Tapi mungkin kedepan ini bisa semakin berkembang, jika perkembangan pembangunan sudah semakin maju di sepanjang pesisir selatan Jabar ini. 

Sebab kualitas pasir dari pantai ini jelas tidak kalah bila dibandingkan dengan pantai di Pemalang misalnya.

Tetapi pantai di Pemalang Jawa Tengah terlihat jauh lebih ramai pengunjung dikarenakan disana sudah tersentuh oleh pengembangan dan kelengkapan arena/wahana wisatanya.

Ada tersedia berbagai macam wahana disana, waterboom, seluncuran, kolam renang, dan juga lainnya.





Kelengkapan wahana tersebut tentu telah membuat kawasan rekreasi yang bisa memikat lebih banyak lagi pengunjung.

Demikian pula jika hal tersebut dapat dikembangkan di pantai Cijeruk ini, atau mugkin bisa ditambahkan kawasan lindung dan juga kebun binatang khusus harimau Sancang misalnya dan juga banteng Sunda misalnya. Itu kan pasti bakal menambah lengkap dan menarik.

Apalagi jika disana juga dibangun bandara Internasional dan juga sirkuit motogp. Wah itu jelas akan menjadikan pesisir selatan Jabar menjadi destinasi unggulan di Jawa Barat dan Indonesia.

Bermimpi boleh dong, karena sesungguhnya untuk kemajuan suatu bangsa memang membutuhkan investasi dalam hal inprastruktur darat, laut dan udara.

Untungnya adalah, sudah ada rencana dari pemerintah pusat untuk membangun dermaga komersil bertarap internasional di pesisir Cipatujah yang cukup dekat dari Cijeruk Pameungpeuk ini. 

Selain itu juga ada rencana untuk pengembangan lebih lanjut dari Bandara Nusawiru di Pangandaran dan mungkin kedepan perlu dibangun juga di Selatan Garut ini.

Sebagai generasi masa kini, tentu kita berharap agar pembangunan di seluruh pelosok negeri ini dapat terus ditingkatkan.

Agar bangsa Indonesia bisa semakin maju, dan pemerataan pembangunan dari utara Jawa ke Selatan itu juga sama penting sebagaimana pemerataan pembangunan antara pantai timur dan barat di Amerika Serikat.

Apalagi kedalaman laut pantai selatan Jawa ini memungkinkan untuk dijadikan pelabuhan antar Samudera yang memungkinkan kapal-kapal raksasa dan tangker dapat bersandar di sana.

Jika pantai selatan Jawa Barat ini sudah bisa berkembang dan maju, tentu itu akan menambah kesejahteraan bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat pakidulan Jabar pada khususnya. 

Dan itu adalah tugas bangsa Indonesia dan hak warga disana juga. Akses terhadap kemajuan dan pembangunan sama berhak didapatkan oleh mereka juga, sebagaimana juga berhak didapat oleh saudara mereka di seluruh Indonesia lainnya. 

Mari kita bangun bangsa ini, dari Sabang sampai Merauke. Semoga.

Pantai Cijeruk ini misalnya, jelas sekali akan semakin maju kedepannya. Hanya perlu beberapa penataan dan pemeliharaan saja. dan yang paling penting lainnya juga harus memperhatikan daya dukung lingkungan dan kelestariannya.

Tentu saja, dengan pengelolaan yang maksimal akan menghasilkan revenue yang juga maksimal. Semoga pantai Cijeruk bisa lebih rapih, lebih bersih, lebih tertata dan juga lebih nyaman untuk di nimati. Aamiin.


Wassalam

Posting Komentar

0 Komentar