Ciwidey 10 Nov 2020

Kamu bilang kamu bosan ke Ciwidey...???

Kalau akusih tidak. 

Iya sih, kalau kamu memikirkannya mungkin kamu bosan. Tapi coba deh kamu pergi kesana. Jangan cuma bAnyak mikir dirumah. Jangan cuma diam saja. Mungkin sebenarnya kamu bukan bosan tapi males pergi saja.

Memang sih, kita kadang malas untuk pergi keluar panas-panasan, macet-macetan. Banyak asap kendaraan atau debu jalanan. Itu sungguh membuat kita ill feel...gak ok banget.

Dari Bandung misalnya harus melewati jalan-jalan arteri yang crowded semacam bojongsoang, atau Moh. Toha Dayeuh Kolot. Atau Cibaduyut-Rancamanyar, atau Kopo Lanud, tentu karena cukup melelahkan dan terutama debu dan panas seringkali membuat kita cape duluan sebelum keluar rumah.

Bayangan-bayangan seperti itu yang belum apa-apa sudah membuat kita menyerah didepan.

.......padahal, belum tentu separah itu. Belum tentu se-drama itu.

Bisa jadi pagi ini jalanan tak seseram demikian. Boleh jadi teduh, lengang dan tiada berdebu. 

Pikiran-pikiran kumeok samemeh dipacok, ciut sebelum melangkah. Itulah seringkali menjadi penyebab kita bosan atau malas pergi ke Ciwidey misalnya.

Coba kalau kita kuatkan tekad. Minimal asal keluar rumah saja dulu. Berkendara saja dulu jangan terlalu membayangkan kemacetan, panas, debu dll.

Susuri saja jalan itu. Lewati selangkah demi selangkah. Ke Bojongsoang, ke Dayeuhkolot atau ke Baleendah, ke Banjaran atau ke Kopo ke Soreang. 

Santai saja dulu. Lelah, iya. Panas....iya panas. Debu...mungkin iya kita temui debu-debu jalanan. 

Belok saja di persimpangan Soreang ikuti jalan menuju Ciwidey.

Nanti kita ketemu jalan lingkar timur yang cukup bersih, cukup mulus dan juga banyak pepohonan yang meneduhkan. Tak ada debu.

Perasaan akan mulai berbeda. Selepas kota Soreang itu, kita ikuti jalan raya yang menuju Ciwidey. Angin mulai terasa adem. Jalan mulai terasa menanjak dan teduh. Pemandangan semakin ke atas akan semakin rimbun dengan pepohonan dari bukit-bukit disekitar.

Bukan sulap, bukan sihir. Suasana yang demikian itu akan membuatmu menjadi lebih bersemangat kembali mengemudikan kendaraannya. Jalan yang sangat baik untuk merasakan kenyamanan dalam berkendara. Meliuk naik sedemikian rupa lalu mendatar dan naik lagi sedikit. Berbelok dengan santuy....

Jika kamu penyuka motogp...kamu dapat membayangkan jalan itu seperti sirkuitnya philips island di Australia sana. Naik dan meliuk secara luar biasa hebatnya. Kontur jalan yang pass membuat kita benar-benar puas berkendara ke arah Ciwidey sana. 

Bukan maen...!!

Jalan-jalan sudah boleh... masih buang sampah sembarangan...?

Semakin keatas. Semakin teduh rasanya. Angin dan udara juga semakin adem...semakin segar buat pori-pori dan paru-paru kita. 

Hiruplah udara itu dengan perasaan. Sok cobain dulu...

Hmmmm......maknyus tiada tara.

Sudah kebutuhan alami manusia. Sudah kodrat kita sebagai mamalia...yang hidup dipermukaan bumi. Butuh udara segar.

Tubuh kita akan berterimakasih atas asupan hawa yang segar seperti itu. Tubuh kita butuh oksigen yang melimpah...yang alami yang segar...persembahan dari alam. 

Menyesal rasanya jika tadi kita urungkan niat kita ke Ciwidey sini. Untunglah rasa malas rasa enggan itu telah dikalahkan.

Nyatanya...sekarang merasa bersyukur sudah tiba di Ciwidey Valley ini. Hmmm....segaaar luar biasa.

Apalagi hari-hari kerja begini...suasana jalan lebih lengang. Makin maknyus untuk menikmati suasananya alam yang permai begini.

Nyatanya, bukan bosan. Tapi bayangan-bayangan negatif itu yang telah menyerang alam bawah sadar kita. Membuat seolah kita lelah, malas dan bosan pergi ke Ciwidey. 

Coba saja kamu pergi ke Ciwidey...terus susuri jalannya itu. Nanti dalam hati kamu akan menyesal. Untung aku pergi. Coba kalau gak jadi jalan...kamu kan menyesal tak merasakan kesegarannya alam Ciwidey seperti itu. Sesal kalau kamu tak jalan ke Ciwidey.

Untunglah kamu sudah berada di tengah sejuknya pegunungan Ciwidey-Rancabali. Itu adalah penyesalan terbesar jika kita merasa bosan pergi ke Ciwidey.

Kalau gak percaya...cobain saja...!!

Kamu akan menyesal...jika kamu bosan ke Ciwidey.

Gak lah....kamu itu hanya lelah...tubuh kamu hanya butuh untuk dibawa pergi ke alam yang asri nan sejuk. Percayalah pori-pori dan paru-parumu akan berterimakasih banyak kepadamu.

Segar tubuh kita. Segar otak dan pikiran kita. Terasa seperti kendaraan yang sudah dibersihkan atau diservis.

Penjaja makanan juga banyak. Ada buah-buahan. Lagi musim apa...?.

Durian...?!

Mangga...??

Rambutan...??

Blueberry..blackbarry..strawberry...??.

Strawberry...terutama. Bisa metik sendiri...seperti orang panen. Hmmm itu luar biasa.


Sedang ada Perbaikan Jalan

Beberapa kali jalan ke wilayah Ciwidey. Setahun ini. Sering kita melihat disana sedang dilakukan perbaikan jalan dan solokan.

Seperti hari ini. Sedang dilakukan pengaspalan ulang disekitar kelokan 5 Rancabali. Beberapa bagian jalan sudah lebih mulus sekarang. Bagus untuk berkendara. Sejak setahun yang lalu, pengaspalan terus dilakukan disana. Diperbatasan Bandung-Cianjur hingga ke Cibuni estate sekarang jalan sudah terasa maknyus. Hanya tinggal beberapa bagian yang masih belum diperbaiki. Mayoritas sih sudah mulus. Memanjakan para pewisata ke kawasan ini.


Demikian saja catatan perjalanan kita hari ini. Semoga corona segera akan pergi.

#Selamat hari pahlawan.
#don't be sad
#tetap jaga 3M


Posting Komentar

0 Komentar