Peduli Sekitar Kita

Apa yang bisa kita perbuat untuk kebaikan lingkungan di sekitar kita. Karena lingkungan yang baik akan membantu kita untuk menjadi baik pula. Baik lingungan keluarga, lingkungan tetangga, maupun lingkungan alam dll.

Tentu saja kita harus berpikir keras untuk mencari terobosan-terobosan yang mungkin bisa kita perbuat demi untuk kemaslahatan disekitar kita. Baik untuk jangka pendek, jangka menengah maupun untuk jangka panjang. 

Persoalan-persoalan di sekitar kehidupan kita sehari-hari tentu lama kelamaan tak boleh kita acuhkan begitu saja. Harus ada sikap peduli kita terhadap keadaan mereka. Sebab jika kita tidak peduli kepada mereka maka pada akhirnya sikap tersebut akan merugikan diri kita sendiri. 

Pergaulan yang buruk misalnya, pada akhirnya akan meruksak mental keluarga kita sendiri. Lingkungan yang dipenuhi pencuri dan penjahat tentu pada akhirnya membuat hidup kita juga menjadi tidak tenang. Masyarakat yang miskin juga membuat kita tidak nyaman karena kemiskinan bisa menimbulkan berbagai kejahatan. Atau setidaknya akan membuat tatanan bermasyarakat yang tidak baik. Yang kaya harus menolong yang miskin, sehingga yang miskin juga bisa membantu yang kaya. Prinsipnya seperti itu, harus ada saling membantu, saling tenggang rasa dan saling peduli. Dalam banyak aspek.

Maka kita akan menaruh hormat kepada pekerjaan para da'i yang mengajarkan tentang perbuatan baik, akhlak, hormat tetangga, mencintai sesama dst. Maka kita juga akan menjaga seorang kaya dari segala gangguan atau bahaya pencurian dll. Begitupun sebaliknya yang kaya peduli terhadap tetangganya yang mungkin kekurangan makanan atau sandang, papan dll. Itulah yang kita sebut sebagai tenggang rasa dan saling tolong menolong.

Musuh kita saat ini adalah kemiskinan akhlak, kemiskinan harta dan kebodohan. Itulah peluang bagi kita semua untuk ikut berperan serta dalam mengatasinya.

Zakat misalnya. Orang yang mampu sudah seharusnya dapat mengeluarkan zakat. Ada hak orang lain dari harta yang kita miliki. Ada hak orang miskin, orang fakir, para guru yang mengajarkan akhlak, ilmu dan kebaikan. Dalam kekayaan yang kita miliki, disitu sebenarnya ada sebagian harta yang harus didistribusikan untuk orang-orang tak mampu disekitar kita.

Keshalehan sosial itu bisa membuat keadaan masyarakat yang solid, yang saling membantu dan saling menjaga.

Harusnya kita malu bila kita tak mengeluarkan sebagian dari harta kita, karena itu bukan milik kita.

Peduli Sosial, peduli sesama.


#Gerakan Mengeluarkan Zakat, Infak, Sodaqoh, CSR dll.


Posting Komentar

0 Komentar