Lesson 501(Patimban Kertajati)

Pelabuhan Patimban

(Lesson No. 501)

Salah satu penyebab PAD provinsi Jawa Barat selalu kalah dari Jakarta dan Jatim adalah karena Jabar tdk punya pelabuhan sendiri. Padahal lebih dari 50 persen industri nasional itu adanya di Jawa Barat. 

Harusnya jika punya  pelabuhan sendiri PAD Jabar itu tertinggi di Indonesia. 

Itupun kalau prlabuhannya dekat dgn sentra industri yg di bekasi karawang.

Rencana awal memang akan dibangun di Cilamaya....tapi krn berbagai "kepentingan", kekuatan politik yg tak mau Jabar lebih unggul, akhirnya mrk dgn berbagai alasan, hanya ijinkan bangun pelabuhan yg jaraknya lebih jauh dibanding tanjung priuk. 

Kalau di Cilamaya jadi, maka tanjung priuk bisa sepi. Dan itu merugikan Jakarta dan menguntungkan Jawa Barat.

Padahal keuntungan Jawa Barat dgn pelabuhan sendiri itu adalah hak Jawa Barat. 

Industrinya di Jabar tapi yg untung malah DKI. 

Itu kira2 analisa politisnya.

Tapi, tak ada rotan akarpun jadilah. 

Gpp Jabar selalu mengalah, tapi walaupun selalu mengalah, semoga saja rezeki Tuhan itu ttp mengalir utk warga Jabar. Aamiin.

Sudah itu ulasan awal.

Ulasan berikutnya adalah sbb.

Keuntungan punya pelabuhan sendiri...

1. Meningkatkan PAD dari bea keluar masuk pelabuhan.

2. Meningkatkan efisiensi perdagangan antar pulau dan eksport import. Sehingga daya saing ekonomi semakin tinggi. Daya saing tinggi, investasi meningkat, ekonomipun terangkat. Itu hukum ekonomi. Ilmu ekonomi.

Selanjutnya, Ulasan ttg bandara kertajati. 

Memang bandara tsb lebih merupakan proyek jangka panjang. Sebab kalau utk jangka pendek lokasi bandara itu harusnya di sekitar karawang, purwakarta...disana pasti lebih ramai. Atau di bandung raya sekalian. 

Tapi kertajati ini proyeksinya utk masa depan jabar bagian timur. Disana industri blm semaju di jabar bagian barat. 

Tapi ibarat pepatah, ada gula ada semut. Lambat laun kawasan kertajati, majalengka cirebon indramayu, subang, sumedang akan mulai ke era baru, era industrialisasi.

Tentu itu butuh proses. Yg namanya proses tentu harus ada awalnya, harus dimulai...nah kertajati ini adalah langkah awal utk kemajuan wilayah tersebut khususnya dan jabar scr umum. 

Proses berikutnya adalah akses ke sana, yaitu tol cisumdawu, pembangunan rel kereta api, dan juga dukungan pelabuhan patimban. Itu adalah satu kesatuan proses yg harus dibangun satu persatu. 

Sejurus dgn itu, juga saat ini pemprov dan pemda di kawasan tsb juga mulai mempersiapkan kawasan2 khusus industri/manufaktur. Ada setidaknya 11 kawasan yg disiapkan utk menarik minat investor membangun pabrik/perusahaan dll disana. Itu akan menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran. Dan selain itu efek domino ekonomi juga tentu bisa membuka wirausaha2 wan baru.

Ulasan ttg Jatigede.

Itu minimal ada 3 fungsi utama.

1. Pembangkit tenaga listrik..kita semua butuh listrik, industri juga butuh listrik...dst.

2. Pariwisata...banyak orang kaya baru berkat dunia pariwisata ini.

3. Irigasi, ketahanan pangan itu sangat penting. Karena walaupun kita banyak uang tapi tak ada bahan makanan..kita akan kelaparan.

Semua itu langkah atau proses utk kemajuan Jawa Barat dan Indonesia kedepan.

Berilah rakyat itu kail, bukan ikan.

Ikan mah beak sakali makan, tapi useup bisa terus ngala lauk.

#mencerdaskan kehidupan rakyat

#ypidea 2020

25082020

Posting Komentar

0 Komentar