Curug Cimahi


Salah satu curug yang cukup terkenal di Bandung Raya adalah curug Cimahi. Lokasinya yang tak jauh merupakan salah satu kelebihannya tersendiri. Tetapi lebih dari itu, secara curugnya sendiri memang sangat bagus dengan view yang juga cukup bagus dan dilengkapi juga dengan flora dan faunanya yang juga cukup bagus.


Di lokasi curug Cimahi ini kita masih dapat menemukan kawanan monyet liar yang “lindeuk” atau tidak terlalu liar karena mereka sudah terbiasa dengan kehadiran manusia didekatnya. Kita bisa memberi mereka makanan. Asal jangan makanan yang mengandung sampah plastik sebab itu akan menjadikan sampah berserakan dimana-mana.

Rute jalannya juga mudah dijangkau dari Bandung atau Cimahi. Dari Bandung bisa melewati Cihideung, dari terminal Ledeng belok kiri ikuti jalan tersebut hingga ke ujung pertigaan ambil kearah kiri ke Cisarua arah Cimahi. Tak jauh dari kota kecamatan Cisarua, disitulah adanya curug Cimahi ini. Dari Cisarua maju saja terus kearah Cimahi. Nanti setelah meliwati jalan berkelok dan banyak kios pedagang warkop disebelah kiri, disitulah ada pintu tiket menuju curug Cimahi.



Untuk bisa berada di bawah curug ini, kita akan meliwati ratusan tangga yang menurun. Baru akan menemukan tangga yang menanjak hanya jika sudah sampai di bawah dan kembali pulang. Banyak sekali pengunjung yang juga terkadang sengaja untuk berolahraga menguatkan otot lutut dan kaki...?. Minimal itulah yang diungkapkan seorang ibu yang mengunjungi curug Cimahi waktu itu. 

Selebihnya ini tempat adalah lokasi yang bagus buat menghirup udara segar sekaligus dengan pemandangan air yang terjun dari tebing batu yang sangat tinggi. Mungkin sekira 90 meteran sih tingginya, yah kurang tahu juga tepatnya berapa. Kebetulan penulis tak mengukurnya dan juga gak mencoba mencari tahu. Jadi buktikan saja sendiri ya...?.






Nyatanya adalah Bandung Raya ini cukup dikaruniai banyak aneka ragam pemandangan dan destinasi kepariwisataan yang itu masih bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Tentu dengan sentuhan tangan yang kreatif, semua lokasi wisata yang ada bisa dibuat lebih indah dan lebih bertaraf internasional.

Butuh pemikiran dan goresan pena para perancang agar bisa memaksimalkan semua potensi yang ada termasuk di curug Cimahi ini.

Barangkali saja ada diantara pembaca yang memiliki ide brilian, bolehlah coba dibuatkan rancangannya itu dan minimal sebagai konsumsi pribadi maupun publik. Siapa tahu kedepannya bisa berguna dan menjadi kenyataan. Minimal ada sedikit sumbangan pemikiran dan ide dari kita sebagai warga dan bangsa Indonesia.

Pejuang itu gak harus selalu ada dalam peperangan, bisa juga berjuang dalam hal ide dan kreasi positif lainnya. Menggunakan ide, menggunakan pemikiran demi kebaikan bersama.


Coba ada dalam pemikiran kita bahwa suatu saat nanti, di Bandung Raya ini bisa dibuat suatu sarana dan prasarana yang sangat baik dalam bidang transfortasi dan kepariwisataan.

Mungkin nanti bisa dibangun cable car yang menyambungkan Cisarua, Lembang hingga ke Dago atau ke Manglayang. Itu mungkin terbayang sebagaimana ada di negeri Erofa sana atau diHongkong mungkin. Selain berguna sebagai alat transfortasi juga berguna untuk meningkatkan daya tarik kepariwisataan. 


Mengapa harus kepariwisataan...?, ya tentu karena manusia jelas membutuhkan rekreasi dan ini akan menjadi bidang yang terus berkembang. Semakin banyak turis yang datang ke Bandung ini, itu akan bermanfaat secara ekonomi. Restoran atau warung-warung akan laku, penginapan juga akan laku.

Penjualan pakaian dan oleh-oleh juga akan meningkat. Sehingga itu bisa membuka lapangan pekerjaan.

Demikianlah sekilas tentang Curug Cimahi ini. Selamat berkunjung.

Posting Komentar

0 Komentar