EDISI GARUT “the PROVINCE” (NEGLASARI)


Perkebunan Teh Neglasari sungguh amat nyata,
Airnya, udaranya, sejuknya, embunnya, perkebunannya dan segala pemandangan yang dimilikinya.

Semuanya nyata dan tanpa aling-aling. Itulah hal pertama yang bisa kita jumpai disini. Air terjun adalah hal kedua lainnya yang menjadi satu keajaiban alam dari Neglasari

Dan terutama juga adalah sisi budaya masyarakat disini. Sungguh ngangenin.


EDISI GARUT “the PROVINCE”  (NEGLASARI)

Pengajian khas dari mesjid-mesjid sekitar menjelang dan setelah subuh adalah beda sekali. Syi’irnya, lagamnya, nadhomnya dan aura nya sungguh menggetarkan jiwa.
Lagamnya juga bagus, pokoknya sangat menggugah ke relung hati yang paling dalam. Ngeunaheun kadanguna...!

Kalau subuh itu adalah saat yang di tunggu, karena dzikir atau nadhoman tadi yang sangat berisi, yang sudah pasti itu adalah warisan dari para ulama kyai di masa lalu yang menyebarkan Islam di Garut Selatan ini.

Subuh yang segar dan menyegarkan adalah cocok untuk jalan-jalan, sekedar jogging dan berolahraga sebelum kita nanti berangkat bekerja. Apalagi dihari minggu ini, tentu waktu akan terasa lega.

Kemewahan alam yang terpampang gak usah diragukan, semua sumber kesehatan tubuh sangat melimpah. Udara yang segar, itu mahal sekali. Pemandangan yang istimewa itu juga adalah tak terhitung harganya.











Hamparan perkebunan teh, curug-curug yang ada disekitar kita, ah sungguh menyenangkan lama tinggal di tempat seperti ini.

Ada beberapa curug yang bahkan bisa kita nikmati langsung dari sini, dari depan rumah mesjid ini. Itu tentu tak ada disemua tempat. Hanya ada ditempat-tempat beruntung saja tentunya.


Bagaimana tidak istimewa, bahwa untuk membuat wahana curug buatan itu tentu akan butuh dana milyaran rupiah atau lebih dengan hasil yang pasti tak akan seindah Curug alami karya dari Tuhan semesta alam seperti disini.












Itu artinya nilai dari curug ini adalah sangat berharga, terutama juga karena itu dialiri air yang langsung keluar dari pori-pori bumi yang ada diatas sana. Tak perlu butuh tenaga listrik, diesel atau genset. Ini gratis pemberian Allah SWT.

Maka adalah sangat disayangkan apabila ada sebagian orang yang gak peduli amat dengan kelestarian alam kita itu. Itu sungguh disayangkan bukan...?












Itulah mungkin yang bisa penulis sampaikan saat ini.
Neglasari Cisompet nan Indah...!

Nuhun...!

Posting Komentar

0 Komentar