EDISI SUMEDANG RAYA (Kebon Teh Margawindu-Cisoka)


EDISI SUMEDANG RAYA
(Kebon Teh Margawindu-Cisoka)


Bagian Pertama (Citengah)

sajak heula ah...!


Judulna; Ulin ka Citengah
Ti alun-alun Sumedang maju ka wetan
Ka Cipemeungpeuk pek terus
Ka desa Baginda ka desa Citengah


Amparan sawahna edun pisan
Ngaplak sapanjang lelewuk Citengah
nu endah diapit ku dua leuweung nu hejo
tatangkalana jararangkung


caina ageung tur herang kacida
matak kabita
hayang ancrub ngan hoream babaseuhan
ngan antukna kabaseuhan oge
lantaran tisoledat dina batu anu leueur
tungtungna calana jeung sapatu kacaian


kagok rek mandi ngan masih keneh aya jugjugeun
katonggoh, ka kebon teh Cisoka...

(Sumedang, lima februari duarebu tujuh belas).



Menyusuri Jalan Pager Betis dari Cipameungpeuk, menuju desa Baginda dan berakhir di desa Citengah adalah salah satu pesona utama dari kabupaten Sumedang ini. Barangkali ini adalah primadonanya kabupaten Sumedang.


Hamparan persawahan yang berada diantara dua baris bukit yang memanjang adalah pemandangan yang sangat menyejukkan dan sungguh pemandangan yang luar biasa indahnya. Kita berharap agar pesawahan di daerah tersebut dapat terus lestari, jangan sampai berganti jadi pemukiman ataupun kawasan industri. Sebab daerah ini akan lebih baik lagi jika dikembangkan hanya untuk menjadi kawasan pertanian dan pariwisata misalnya.


Dan agar Sumedang juga tetap hijau. Kalau kawasan Industri biarlah ada di wilayah lainnya di utara dan timur seperti Ujung Jaya dan Buah Dua misalnya karena disana lebih dekat dengan kawasan pertumbuhan di pantura, dekat dengan kawasan pelabuhan Patimban dan berdekatan dengan kawasan Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka.


Kedepan kebutuhan masyarakat dunia akan ketersediaan pangan bakal semakin meningkat, oleh karena hal tersebut maka sumber daya alam kita yang kaya ini haruslah bisa dijaga dan bisa terus dikelola dengan lebih profesional. Agar hasilnya maksimal dan juga alamnya tetap lestari.



Keseimbangan ekosistem dan lingkungan kita akan menjadi lebih terperhatikan. Sehingga kesejahteraan sejatinya akan dapat kita raih. Amin.

bersambung ke bagian selanjutnya,

Posting Komentar

0 Komentar