Hikmah Pilgub Jabar 2018


Hikmah Pilgub Jabar 2018



Apa pentingnya pilih Gubernur....?
  1. Memilih pemimpin sangat penting agar suatu kelompok dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
  2. Memilih pemimpin adalah wajib hukumnya sebagai mana diterangkan dalam al-Qur’an dan hadist nabi.
  3. Ketiadaan pemimpin dapat menimbulkan mudharat yang banyak. Seperti ketidak pastian hukum, ketidak pastian keamanan, ketidak pastian perekonomian dll.

Apakah tujuan dari memilih pemimpin....?
  1. Untuk mengatur suatu masyarakat yang dipimpinnya agar tercapai cita-cita bersama dalam hal semua kemaslahatan dan sebesar-besar kemanfaatan, sekaligus menjauhkan masyarakat dan wilayah yang dipimpinnya dari segala mudharat atau keburukan.
  2. Penjagaan keagamaan merupakan hal sangat penting agar kehidupan masyarakat menjadi lebih tentram, damai dan bertaqwa.
  3. Pembangunan ekonomi sangat penting karena kemiskinan dapat menjerumuskan kepada kekufuran, ketidak amanan dan merajalelanya kejahatan. Masyarakat butuh kesejahteraan agar kehidupan mereka berkualitas tinggi dengan nilai hidup yang sehat, pintar dan bahagia.
  4. Tujuan keamanan dan kestabilan sosial politik hankam.


Karena tujuan mulia itulah maka kita semua wajib ikut serta dalam proses pemilihan pemimpin ini, terutama karena kita semua punya hak memilih dan dipilih. Sehingga ada tanggung jawab kita bersama untuk memastikan keterpilihan pemimpin yang terbaik yang mampu membawa kita kepada cita-cita kita bersama.

Kita secara individu tentu punya tanggung jawab masing-masing dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari kita dalam hal ekonomi, pendidikan, kesehatan dll. Hal tersebut sangat bergantung kepada situasi keamanan, pertumbuhan ekonomi dan keshalihan sosial masyarakatnya. Dengan demikian itu maka keberadaan pemimpin yang ahli, berkemampuan dan adil itu sangat penting sekali adanya.

Pentingnya pemimpin yang berkualitas itu bukan hanya ditingkat perusahaan, direktur perusahaan atau manager. Dalam kepemimpinan suatu wilayah negara pun butuh kepemimpinan yang berkualitas, kredibel dan kompetitif. Termasuk dalam pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota, RT, RW dst.

Contoh ketika kita memilih manager perusahaan, kriteria utamanya adalah kredibel, berkemampuan, berpengalaman, amanah dan segala hal baik lainnya. Bukan semata dilihat karena dia saudara kita atau karena dia hafal 30 juz al-Qur’an misalnya. Karena hafal al-Qur’an bukan jaminan dia terbaik dalam bidang kepemimpinan, tidak juga menjadi jaminan ketaqwaan seseorang.

Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW, “Pilihlah pemimpin itu berdasar keahlianya, kalau tidak maka tunggulah kehancurannya”. Harus jelas track record nya, alias hindari pilih pemimpin coba-coba.

Sami’na waatha’na.

Demikianlah sedikit yang bisa saya tulis kali ini, semoga bermanfaat. Aamiin.

Posting Komentar

0 Komentar