Papagah Sajarah

Urang Sunda ulah poho ka lemah cai sorangan....poho ka bumi kolot aki nini nu baheula. Sunda Kalapa zaman kiwari tos asa lain Tanahna prabu Siliwangi. Didinya ayeuna mayoritas sanes urang Sunda deui, sababna alatan ku seueur na pisan nu daratang ka eta wewengkon urang Sunda, nu akhirna urang Sunda na mah sapertos jalma asing nu nincak di bumi deungun di Jakarta teh.

Mung najan kitu oge, tangtos tapak budaya sareng basa Sunda oge kiwari masih keneh tiasa kapendak di bahasa Betawi.

Yen bahasa betawi teh nyaeta bahsa Sunda nu geus kapangaruhan ku beda-beda bahasa deungun nu daratang ka Sunda Kalapa. Kusabab lilana mangsa nu dikarandapan di eta tempat...nu antukna lila-lila ngajanteunkeun hisji corak basa nu teu aya dimana-mana...ngan aya di Sunda Kalapa. Betawi lain hiji Suku, Betawi lain hiji bangsa...Betawi taya lain nyaeta asimilasi...percampuran budaya nu ngahiji di tanag Sunda Kalapa...nu ngarana rubah-rubah jadi Batavia, terus jadi Jayakarta, terus kiwari jadi Jakarta.
Ngan sajarah mah da moal bisa bohong. Moal bisa di utak-atik najan jalma loba nu ngutak atikna. Tapi da, rasa jeung fakta mah da moal bisa dibobodo....

Sanes maksad bade janten ngahileudan bangsa urang sorangan. Sanes maksad awon, piralun teuing.

Ngan ceuk rarasaan mah...da ceuk batur oge apan urang teh kedah ngamumuli sejarah urang sorangan, meh teu leungiteun jati dirina. Meh urang tiasa diajar, meunang pangajaran ti mangsa nu geus kaliwat. Kaasup termasuk, netelakeun riwayat asal-usul Jakarta nu saenyana teh bumi Pasundan keneh. Teu beda jeung Cirebon, Brebes, Cilacap jeung sajabana.

Ah....mangsa teh geus katukang geuningan. Ngan najan kitu, ceuk bung Karno tea mah ulah poho Jas Merah...jangan sekali-kali melupakan Sejarah.

Meureun istilah Jas Merah teh.....teu pandang bulu...meureun berlaku oge pikeun urang sebagai urang Sunda.

Ngan kitu simkuring mah. Ulah Jas Merah teh berlaku pikeun batur tapi teu berlaku pikeun urang. Teu adil mun kitumah.


Sejarah kelahiran Jakarta juga kita bisa lihat. Mereka menetapkan bahwa hari lahirnya Jakarta adalah dimulai sejak jatuhnya Jakarta di tangan Fatahillah. Padahal Jakarta itu sudah ada jauh sebelum kejadian tersebut.

Kalau acuannya adalah berdasar pengusiran Portugis dari Sunda Kalapa. Kenapa tidak sekalian saja acuannya itu adalah ketika Indonesia mampu mengusir Belanda dari Batavia...?. Kenapa memilih tanggal lain yang mana alasannya tidak konsisten.

Yang paling benar adalah harusnya....Hari lahir Jakarta itu dihitung semenjak cerita tanah Jakarta itu ada. Sebab tanah Jakarta itu tak pernah berpindah tempat, dari dulu koordinatnya disitu juga. Kenapa kemudian satu tempat dinyatakan lahir ada tidak dari awal mula tempat itu ada dalam sejarah...?. Harusnya hari lahir Jakarta adalah dimulai sejak lahirnya Sunda Kalapa, bukan sejak Fatahillah merebut Sunda Kalapa, karena Indonesia bukan cuma Cirebon, bukan Demak. Karena Cirebon dan Demak pun sdh dikalahkan oleh Belanda.

Kalau mau jujur, sekali lagi...hari lahir Jakarta harusnya sama dengan hari lahirnya Sunda Kalapa bukan 1527.

Unsur politik jelas nampak nyata dari pemilihan hari lahir Jakarta. Mereka seperti menidakan sejarah Jakrta sebelumnya yang semula bernama SUNDA KALAPA itu. Itu namanya menutupi sejarah, menutupi sesuatu yang nyata ada. Dan itulah ketidak jujuran, atau kesalahan membuat ketetapan.

Tentu saja, hal tersebut menimbulkan kecurigaan-kecurigaan dan rasa sinis atau ambivalensi...kemunafikan dan pura-pura dalam kepura-puraan.

Ah....bangsa ini memang gak bisa berbuat konsisten. Seperti Liga Indonesia yang katanya untuk membentuk kesebelasan Nasional yang hebat...tapi yang hebat itu sebenarnya permainan MATA semata. Banyak kepentingan-kepentingan golongan atau kubu yang akhirnya mencederai tujuan yang yang lebih luhur.

Hiduplah Indonesiaku.
Hiduplah dengan jujur...jangan ada lagi dusta diantara kita. Jika PSSI ingin melawan bangsa lain. Jika kita ingin menjadi bangsa yang besar dan berwibawa...tanggalkan politik-politik busuk itu...

tanggalkan selera rendahan itu...
Mari...marilah seperti para pejuang pembela bangsa...
dan jauhkan kesinisan terhadap sesama anak bangsa....
sinis itu rasanya gak manis...
dusta itu seperti menutupi bangkai yang lama kelamaan tentu akan tercium juga.

Jangan biasakan berlaku curang, membodohi dan aji mumpung.
Kita harus punya jiwa kesetaraan dalam satu bingkai yang sama duduk, sama berdirinya...

Pancasila...Sila Persatuan Indonesia adalah tak membeda-bedakan satu dengan lainnya hanya karena ada maksud terselubung. Termasuk dalam menghargai sejarah bangsa ini, sejarah hari lahirnya Sunda Kalapa yang tidak dihargai keberadaannya.

Seperti mengatakan....Sunda Kalapa itu bukan Indonesia. Sunda Kalapa itu buatan para penjajah. Sunda Kalapa itu bukan bagian dari sejarah Indonesia...wabil khusus sejarah ibukota Indonesia Jakarta.

Salam Jas Merah.

#wilayah Indonesia adalah seluruh wilayah bekas Hindia Belanda. 
#Sejarah Jakarta dimulai sejak tempat itu masih bernama Sunda Kalapa, bukan sejak penyerbuan Fatahillah karena jika harlah Jakarta dihitung sejak masa tsb (1527) maka itu artinya Jakarta bukan bagian Indonesia tapi bagian dari kerajaan Cirebon atau Demak. Padahal kedua kerajaan tsb sdh dikalahkan Belanda sama seperti kerajaan lainnya. Sama sdh tidak ada seperti kerajaan Pajajaran. Kenapa harlah Jakarta tidak dimulai sejak Jakarta itu lahir di zaman Pajajaran atau Zaman sebelumnya. Kenapa dihitung sejak serbuan Fatahillah. Apakah itu berarti bahwa Pajajaran adalah tidak termasuk sejarah Nusantara...?!?

@Jawa Barat menggugat


Note :
Lesson No. 200

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus