Saba Kota (wisata kuliner)

Saba Kota adalah, jalan-jalan demi menyusuri sudut demi sudut suatu kota atau kota-kota.

Seperti Saba Cianjur, Saba Garut, Saba Subang, Saba Sumedang, Saba Kuningan, Saba Cirebon, Saba Bekasi, Saba Bogor, Saba Majalengka dan Saba Bandung, dll.

Saba Purwakarta misalnya. Disana kita bisa mengunjungi banyak tempat. Jatiluhur, Situ Buleud, Bukit Panenjoan, atau wisata kuliner sate Maranggi dll.

Atau ke Kuningan, ada waduk Darma yang masih dipercantik, ada wisata sejarah perjuangan bangsa di Linggarjati, ada wisata alam Gunung Ciremai dll.

Atau Bogor, kota sejarah, ibukota Kerajaan Pajajaran. Ada istana Bogor, ada kawasan puncak Cisarua dan banyak tempat wisata lainnya disana. Bogor kota keramat dan kota yang indah.

Cirebon, kota keramat lainnya. Kota tercinta bagi masyarakat Jawa Barat. Ia adalah kota putra Siliwangi, ia adalah kota wali, ia adalah kota pemersatu Negeri. Ia adalah kota santri, kota yang menjadi Cakrabuana. 

Subang, kota Nanas, kota ajaib. Tak besar, tak ramai tapi cukup asri untuk singgah dan beristirahat disana. Ada pemandian air panas Ciater, perkebunan teh yang tak jauh dll. Dan bagi penyuka cornering, bisa mencoba Sirkuit Gery Mang tak jauh dari terminal Subang, atau ke pantai utara, ke Pamanukan. Subang kini punya pelabuhan Jawa Barat, Patimban.

Atau Cianjur, kota manisan, kota Tauco dan tempat-tempat wisata, ada Cipanas Puncak, ada waduk Cirata, ada beberapa curug di Cianjur Selatan dll.

Ya..itulah sederet kota yang bisa kita kunjungi. Majakengka dengan gantolenya, Sumedang ada paralayang, ada banyak lokasi bisa kita kunjungi. Wisata pegunungan, curug-curug, telaga Remis, waduk Jatigede dll.

Atau Bandung. Ada banyak tempat bisa kita kunjungi, kota yang warna Eropa nya sangat iconic, ada Gedung Sate, ada kawasan Braga, ada banyak gedung-gedung peninggalan kolonial Belanda. Gedung Kodam Siliwangi, Gedung Pakuan, Gedung Indonesia Menggugat dll.

Saba Kota adalah perjalanan yang menyenangkan. Ada banyak aneka kuliner, wahana wisata, gedung-gedung bersejarah, Penjara Banceuy tempat Bung Karno tumbuh melebihi masanya. Tempat perjuangan sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

Oleh sebab itu kita juga akan memberi gelar kepada kota Bandung ini sebagai Daerah Istimewa. Kota yang menjadi candradimukanya presiden pertama. Kota perjuangan, kota bersejarah, ibukotanya Asia Afrika..menjadi kota yang paling dikenang oleh sesama bangsa di dunia ketiga di Asia dan Afrika.

Kota kita, kota yang indah, kota yang cukup sejuk, kota pelajar, kota penuh kenang-kenangan. Kota juara.

Itu adalah milik bangsa Indonesia, dicinta sesama bangsa terjajah di Asia Afrika dll.

Kota Dasa Sila, kota wisata. Kota yang kakoncara, terkenal di Indonesia. Kota yang harus kita jaga, kita rawat, kita cintai bersama. Kota pemersatu bangsa.

Sebagai kota indah, kota ini dikaruniai banyak tempat untuk berwisata...ada dilingkupi oleh beberapa kawasan sekitar yang juga baik untuk berwisata. Ada wilayah Lembang dengan segudang tempat-tempat menarik. Ada Rancabali Ciwidey, ada Pangalangan dsk, ada Cililin dsk, dan kota Bandung itu sendiri juga dihiasi oleh karunia keindahan kota. 

Teramat banyak tempat yang bahkan kita belum susuri semua. Di kawasan Cililin misalnya, ada wisata pegunungan, curug, danau atau waduk, makanan khas, olahraga wisata, gantole, ski air, sepeda gunung, pemancingan, dll.

Jadi, ayo dong kita jalan-jalan. Dan jangan lupa, jaga kebersihan dimana saja kita berada. Karena kita bukan hewan yang tak berpendidikan. 

Salam wisata

Salam saba kota...






Posting Komentar

0 Komentar