Bukti Perlunya Perbuatan Bid'ah


Bukti bahwa bid'ah hasanah itu ada adalah adanya pengklasifikasian hadist. 

Pembagian hadist kedalam beberapa kategori; ada hadist shoheh, ada hadist hasan, ada hadist dha'if, hadist maudhu dll itu adalah perbuatan bid'ah. Tanpa adanya perbuatan bid'ah itu maka kita tidak bisa membedakan mana hadist Shoheh, hadist Hasan, hadist Dha'if dan maupun hadist Maudu dll.

Orang menuduh orang sebagai pelaku bid'ah berdasarkan hadist yang shoheh dari imam Bukhari atau hadist shoheh dari imam Muslim dll. Orang menuduh semua bid'ah adalah dholalah dan finnaar. 

Mereka tak sadar, hadist yang mereka jadikan dalil bid'ah tersebut adalah hasil dari bid'ah itu sendiri. Sebab pembagian hadist shoheh dan lain lain itu adalah produk bid'ah yang tidak ada di era sahabat apalagi di zaman Nabi.

Kalau mereka mengartikan bahwa semua bid'ah adalah sesat. Maka hadist-hadist itu juga adalah bid'ah dholalah juga. Dan karenanya mereka pun adalah pengguna dari hasil karya yang bid'ah itu. 

Semua hadist yang mereka pakai adalah karya bid'ah.

Jika semua bid'ah itu dholalah, harusnya tak boleh ada pengklasifikasian hadist yang shoheh, yang hasan, maupun liannya. Karena Nabi dan para sahabat tak melakukan/pembagian hadist seperti itu. 

Adanya pengklasifikasian hadist shoheh, dhoif dll iitu adalah bukti nyata adanya yang dinamakan Bid'ah Hasanah. 

Itu adalah bukti bahwa kita memang membutuhkan yang namanya perbuatan bid'ah. Kita bahkan merasa bergantung kepada hasil perbuatan bid'ah tersebut. 

Tanpa adanya perbuatan bid'ah hasanah itu maka kita tak bisa membedakan mana hadist yang kategorinya Shoheh, Hasan, Dha'if, Maudu, dll.

Tanpa perbuatan bid'ah hasanah, maka kita tak kenal ilmu hadist.

Tanpa perbuatan bid'ah hasanah, maka agama ini pasti sudah lenyap sejak berakhirnya era sahabat. 

Alhamdulillah para ulama tabi'in dan tabiut tabi'in membuat banyak bid'ah hasanah yang sangat penting untuk kelestarian ajaran agama Islam itu sendiri. 

Bid'ah pengklasifikasian hadist Nabi adalah termasuk bid'ah yang paling baik. 

Alhamdu........?

Lillaaah.


Bandung, 04 Desember 2020 


Note :
*Tulisan ini penyederhanaan dari tulisan per tanggal 28 November 2020 dengan judul "Hadist Shaheh Bukhari Muslim itu Adalah Bid'ah".
**beberapa bid'ah hasanah lainnya adalah perbaikan tanda baca dalam al-qur'an. Pembuatan ilmu fiqh, ilmu ushul fiqh, ilmu tauhid dll, itu juga bid'ah hasanah. Nabi tak pernah buat buku panduan sholat dll.

#ypidea 2020


Posting Komentar

0 Komentar